06 March 2007

Munajat Reflektif 1

بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan nama Allah

Maha Pengasih & Maha Penyayang


Ya Allah…

Segala puja dan puji hanya bagi-Mu, Tuhan semesta alam. Hamba bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah Rasul-Mu. Ya Allah, berikanlah berkah, rahmat dan ridla-Mu kepada Nabi dan utusan-Mu Muhammad Saw., beserta keluarganya dan shahabatnya. Kepada para Nabi, para Wali, dan orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang berserah diri, serta para Ulama dan para Syuhada, berikanlah kepada mereka semua kesejahteraan abadi, cahaya terpuji, tempat suci dan mulia di hadirat-Mu, abadi di akhirat.

Ya Allah…

Jadikanlah hamba orang yang selalu mencari keabadian, hingga bisa kembali ke keabadian. Ya Allah, jangan biarkan hamba mengingkari keabadian, agar hamba tidak menghilang laksana asap di udara. Ya Allah, telah hamba beli apa yang Kau tawarkan, di antara dunia dan akhirat nanti, hamba memilih cinta-Mu. Jadikanlah hamba seorang hamba yang selalu berusaha dengan sungguh-sungguh demi Engkau. Jadikanlah rasa senang hamba kepada-Mu sebagai sebab dari ketidakpedulian hamba akan kompensasi di dunia ini atau pun di akhirat nanti. Ya Allah, lengkapilah diri hamba dengan ketergantungan spiritual. Rendahkanlah diri hamba melalui kesederhanaan. Namun jangan biarkan hamba bertindak ekstrim, sengaja merendahkan diri serendah hinanya debu, menjadikan diri secara pasif diinjak dunia. Ya Allah, mudahkanlah hamba untuk mengukir dunia menurut hasrat hati hamba, bukannya memperturutkan hawa nafsu angkara. Ya Allah, jangan biarkan hamba terlalu gandrung dengan obyek-obyek hampa. Segala di dunia tak abadi, baru atau lama berhenti di titik fana. Ya Allah, agama-Mu adalah agama dunia dan akhirat, maka jangan biarkan hamba membangun struktur dunia tanpa dasar agama. Sesungguhnya Engkau mencipta dunia supaya kami hamba-hamba-Mu mampu mempelajari ajaran-ajaran rohani-Mu dan kearifan-Mu yang menakjubkan. Maka mudahkanlah hamba dalam memahami.

Ya Allah…

Berikanlah hamba kebahagiaan. Karuniakanlah hamba kemampuan untuk melihat semua keindahan luar tanpa melupakan keindahan dalam. Ya Allah, berikanlah hamba keterangan dan percakapan yang ada kaitannya dengan diri hamba. Berikanlah hamba uraian yang sulit dipahami, yang ada di luar batas pikiran hamba. Ya Allah, betapa hamba terasing dari segala hal yang ada. Limpahkanlah hamba pengetahuan tentang diri hamba. Mudahkanlah hamba untuk mengenali makna sejati dalam diri hamba, agar hamba tidak binasa. Betapa makin banyak tahu tentang diri sendiri, makin besar kecerahan yang hamba peroleh. Betapa pengetahuan tentang diri sendiri tidak ada habisnya, tidak akan pernah mencapai suatu kesimpulan. Ya Allah, hamba tak berdaya dan bingung, hamba tidak punya apa yang hamba tahu, tidak pula hamba tahu apa yang hamba punya. Ya Allah, jangan jadikan hamba orang yang tidak percaya, bahwa dalam diri terdapat harta yang sangat bernilai. Ya Allah, mudahkanlah hamba untuk menembus jiwa buana dan menemukan harta yang telah tersedia untuk hamba. Jadikanlah setiap detik dari pencarian hamba adalah suatu perjumpaan dengan-Mu. Ilhamilah hamba untuk selalu bersungguh-sungguh dalam mencari jati diri, agar hari-hari yang hamba jalani dapat selalu bercahaya. Ya Allah, mudahkanlah hamba dalam mengakui keterbatasan kebesaran hamba, agar hamba mampu mengetahui hakikat kebesaran-Mu. Ya Allah, jadikanlah hamba penyambung lidah dan buku kehidupan. Buatlah telinga hamba terkejut oleh suara ucapan lidah hamba. Getarkanlah senar kalbu siapa saja yang tengah menyimak hamba.

Ya Allah…

Masukkanlah hamba ke dalam kancah perang batin, perang yang tidak terdengar dentumannya dan tidak kelihatan wujud sayatannya. Ya Allah, menangkanlah hamba dalam peperangan ini, sebab memenangkan perang ini jauh lebih penting daripada pertempuran yang menumpahkan darah manusia. Ya Allah, mampukanlah hamba untuk membasmi akhlak-akhlak tercela hamba. Jadikanlah hamba seperti petani yang berusaha sekuat tenaga memberantas hama. Betapa tiada status sebaik akhlak mulia. Ya Allah, jangan biarkan hamba begitu saja memperturutkan hasrat materialisme dan terus berseberangan dengan ajaran rohani. Mudahkanlah hamba untuk melihat-Mu ketika berbuat sesuatu, agar hamba punya motivasi untuk berbuat sebaik-baiknya. Ya Allah, leburkanlah jiwa hamba ke dalam wadah peleburan logam. Hingga bersih dari kotoran dan terbentuk sesuai dengan cetakan yang Engkau kehendaki. Ya Allah, limpahkanlah kepada hamba berkah dari langit dan bumi.

--o0o--

1 comment:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum..^_
subhanallah...
Bagus sekali setiap kata yang tersirat... insya Allah dapat menjadi penyemangat & bahan renungan.
jadi antum seorang penulis ya.. hebat sekali! AllahuAkbar!!! tetap berkarya... sebuah tulisan dapat mengubah dunia & akan jadi amal yg senantiasa mengalirkan pahala2,
Aq salut... kudukung jalan kesuksesanmu dunia & akherat ini (insyaAllah)...
W'slm...